1
KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN SISTEM
2
RUANG LINGKUP :
1.
Pendahuluan
2.
Kebijakan Sistem
3.
Perencanaan Sistem
4.
Proses Perencanaan Sistem
3 3 1. Pendahuluan - Sebelum suatu sistem
informasi dikembangkan, terlebih dulu - dimulai dg adanya suatu kebijakan dan
perencanaan utk mengembangkan suatu sistem. - Perencanaan sistem mrpkan pedoman
utk melakukan pengembangan sistem. Tanpa perencaan sistem yg baik, pengembangan
sistem tidak akan berjalan sesuai yg diharapkan. - Kebijakan sistem mrpkn
landasan dan dukungan manajemen puncak utk membuat perencanaan sistem. Tanpa
adanya kebijakan sistem oleh manajemen puncak, maka pengembangan sistem tdk
akan mendpt dukungan dari manajemen puncak tsb. Padahal dukungan manajemen
puncak sangat penting artinya.
4 4 2. Kebijakan Sistem - Kebijakan utk
mengembangkan sistem dilakukan oleh manajemen puncak, karena manajemen
menginginkan utk meraih kesempatan yg ada yg tdk dpt diraih oleh sistem yg
lama. - Partisipasi dan keterlibatan manajemen masih diharapkan utk
keberhasilan sistem yg akan dikembangkan, dg dibentuk tim penasihat (komite
pengarah), yg terdiri dari wakil-wakil pimpinan dari masing-masing departemen pemakai
sistem (manajer divisi), yg diketuai oleh direktur utama. - Tugas komite
pengarah:
1.
Mengkaji, menyetujui, merekomendasi yg berhub dg perencanaan sistem.
2.
Mengkoordinir pelaks sistem sesuai dg rencana
3.
Mengawasi kemajuan proyek proyek sistem
4.
Menilai kinerja dari fungsi-fungsi sistem yg telah dikembangkan.
5.
Memberikan saran dan petunjuk thd sistem yg sdg dikembangkan.
5 5 3. Perencanaan Sistem - Setelah
adanya kebijakan pengembangan sistem dr manajemen puncak, sebelum sistem
dikembangkan, perlu direncanakan terlebih dahulu. - Perencanaan sistem
menyangkut estimasi dari kebutuhan fisik, tenaga kerja, dan dana yg dibutuhkan
utk mendukung pengembangan sistem dan mendukung operasinya setelah diterapkan.
- Perencanaan sistem ditangani oleh staf perencana sistem. - Contoh struktur
organisasi yg mempunyai staf perencana sistem sendiri:
Y
6
Manajer Proyek Proyek A Manajer Proyek Proyek B Pelayanan Khusus Perawatan
Sistem Pengawasn Analis Sistem Prmrograman Sistem Database Administrator
Penyiap dataOperator Komputer Pustakawan data Pengontrol data Manajer
Pengolahan data Manajer Pengembagnan sistem Staf pengembangan personil Staf
teknik Manajer Sistem Informasi Komite Pengarah Staf Perencanaan sistem
7 7 4. Proses Perencanaan Sistem
Dikelompokkan dlm 3 proses utama:
1.
Merencanakan proyek-proyek sistem yg dilakukan oleh staf perencana sistem.
2.
Menentukan proyek-proyek sistem yg akan dikembangkan yg dilakukan oleh komite
pengarah. 3. Mendefinisikan proyek-proyek sistem yg akan dikembangkan yg dilakukan
oleh analis sistem.
8 8. 7 1. Merencanakan proyek-proyek
sistem Terdiri dari tahapan: 1. Mengkaji tujuan, perencanaan strategi, dan
taktik perusahaan. 2. Mengidentifikasi proyek-proyek sistem. 3. Menetapkan
sasaran proyek sistem. 4. Menetapkan kendala-kendla proyek sistem. 5.
Menetapkan prioritas proyek sistem. 6. Membuat laporan perencanaan sistem.
9 9.7. 2. Menentukan proyek-proyek sistem
yg akan dikembangkan Terdiri dari tahapan: 1. Menunjuk tim analis 2.
Mengumumkan proyek pengembangan sistem.
10 10.7 3. Mendefinisikan proyek-proyek
sistem yg akan dikembangkan Terdiri dari tahapan: 1. Mengidentifikasi kembali
ruang lingkup dan sasaran proyek sistem. 2. Melakukan studi kelayakan 3.
Menilai kelayakan proyek sistem. 4. Membuat usulan proyek sistem. 5. Meminta
persetujuan manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar