Jumat, 02 Desember 2016

Desain Sistem



ARTI DESAIN  SISTEM

Desain sistern dapat didefinisikan sebagai berikut ini. Mcnurut  Robert J. Verzellu/John   Reuter  III:

The stage of the development  cycle ~hich follo~ analysis:  definition of functional  requirement  and preparation  of implementation  specifi­ cations; describing  ho~ a system is to constructed.2
(Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan  sistem:  pendefini­
sian dari kebutuhan-kebutuhan   fungsional  dan persiapan  untuk rancang bangun  implementasi;  menggambarkan  bagaimana  suatu sistem dibentuk).

Menurut John Burch & Gary Grudnitski:


Systems   design can be defined as the dra~ing,  palnning,   sketching, or  arranging  of many separate elements  into a viable,   reunified   a whole.3
(Desain sistem dapat didefinisikan  sebagai penggambaran,  perencanaan dan  pembuatan   sketsa  atau pengaturan  dari  beberapa   elemen  yang terpisah  ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi).

Menurut  George M. SCOLl:


Systems design determines  how a system ~ill accomplish  ~hat it  must accomplish;  it involves configuring  the software and hardware  compo­ nents of a system so that after the installation  to the system  ~i II fully satisfy  the system specifications  established  at the  end  of the systems analysis  phase.4
(Desain sistem menentukan  bagaimana  suatu sistem akan  menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan;  tahap ini  menyangkut   mengkonfigurasi dari komponen-komponen    perangkat  lunak dan  perangkat   keras  dari suatu sistem sehingga  setelah  instalasi dari slstem akan benar-benar memuaskan  rancang  bang un yang telah ditetapkan   pada  akhir  tahap anal isis sistem).






Desain  Sistem


Dengan   demikian   desain  sistem  dapat  diartikan   scbagai  berikut   ini.


1.  Tahap   setelah   analisis  dari  siklus  pengembangan     sistem;
2.  pcndefinisian    dari  kebutuhan-kebutuhan       fungsional;
3.  persia pan  untuk  rancang   bangun   implementasi;
4.  menggambarkan     bagaimana    suatu  sistem  dibentuk;
5.  yang   dapat    berupa   penggambaran,     per encanaan   dan  pembuatan     sketsa    atau pengaturan     dari  beberapa    elemen   yang  terpisah   ke dalam  satu   kesatuan    yang utuh  dan  berfungsi;
6.  tcrmasuk    menyangkut    mengkonfigurasi     dari  komponen-komponen        perangkat lunak  dan  perangkat    keras  dari  suatu  sistem.



TUJUAN  DESAIN  SISTEM

Tahap    desain    sistem  mcrnpunyai   dua  maksud   atau  tujuan    utama,    yait u sebagai   berikut   ini.)

1. Untuk   memenuhi    kebutuhan    kepada   pemakai   sistem.
2. Untuk    mcmbcrikan     gambaran     yang jelas  dan  rancang    bangun    yang   lengkap kcpada   pcrnrogram    komputer    dan  ahli-ahli   teknik  lainnya  yang  terlibat.

Tujuan   kedua   ini lebih  condong   pada  desain  sistern  yang  terinci,  yaitu  pembuatan rancang   bangun   yang jelas  dan  lengkap   untuk  nantinya   digunakan   untuk  pembu­ at an  program   komputernya.
Untuk   mcncapai   LUhuanini, analis  sistern harus  dapat  mencapai    sasaran­
sasaran   sebagai   berikut   ini.

1. Desain    sistern  harus  bcrguna,   mudah  dipahami   dan  nantinya    mudah    diguna­ kan.   Ini   berarti    bahwa  data harus   mudah    diiangkap,     metode-rnetode       harus mudah    ditcrapkan    dan  informasi   harus  mudah  dihasilkan  scrta mudah    dipah­ ami  dan  digunakan.
2. Desain     sistern   harus   dapal    mendukung     iujuan  ut ama    perusahaan      sesuai
dengan   yang  telah  didefinisikan    pad a lahap  pcrencanaan    sisiern  yang   dilanjut­
kan  pada  tahap  analisis  sistem.





 

3. Desain    sistcrn   harus  cfisien  dan  elckuf   untuk  dapat    mcndukung     pcngolahan transaksi,   pclaporan    manajernen    dan  mendukung    kcpuiusan   yang akan  dilaku­ kan   olch  manajemen,    tcrrnasuk   tugas-tugas   yang  lainnya  yang tidak   dilakukan oleh  komputcr.
4.  Desain   sistcm  harus  dapat  mernpersiapkan     raneang   bangun  yang  ier inci  untuk masing-masing    komponcn   dari  sistern  informasi   yang  meliputi   data  dan  infor­ masi,    simpanana     data,     mctode-rnetode,        pr osedur-prosedur,        orang-orang, pcrangkat    keras,  perangkat    lunak  dan  pcngendalian    intern.



PERSONIL YANG TERLIBAT

Pckcrjaan     desain   sistem   dilakukan    oleh   analis   sistem   7 dan   personil­ personil    teknik  lainnya,  seperti   misalnya   spesialis  pengendalian    (controls   special­ ists),  personil   penjamin   kualitas   (quality  assurance  personilis, ,Pcsialis  komunikasi data   (data  communications  specialists'i dan  lain sebagainya.   8Bagaimana     dcngan pemakai-pemakai       sistcrn   (users)?   Apakah    pcmakai    sistern   juga   harus   terlibat dalam   tahap    ini?  Banyak  orang  yang setuju  bahwa  ketcrlibatan     pcmakai    sistem sangal    penting    selama    tahap    anal isis sistern.  Akan   tetapi   bagaimana     di  tahap desain    sistem   ini?  Banyak  analis  sistern  yang  mcndcsain    sistem   informasi    tanpa partisipasi   yang  bcr art i dari  pcm akai  sistern.  Hasil  dari  kctidak-terlibatan       pcmkai sistern  ini akan  mengakibatkan     kurang  puasnya  pcmakai   sistcrn  tcr hadap  cara sistern   bcrkerja     (bahkan    sistern   tidak   dapat    mcrncnuhi     kebut uhan  pcrnakai). Olch   karcna    alasan    ini,  maka  pcmakai   sistern   sehar usnya  juga   terlibat    dalarn tahap    desain  sistem. Pcm akai  sistcrn  paling  tidak  dapat   mengkaji    ulang   kornpo­ ncn-kornponen      sistcrn   informasi   yang  didesain.  Misalnya   pernakai    sistern   schrusnya   mengkaji    ulang  tata  let ak (layout)   dari  scmua   laporan-Iaporan      dan   ben­ tuk-bcntuk     iampilan    di layar  terminal.   Pernakai   sistem  juga   seharusnya     mcnilai arus   percakapan     dari  dialog  di layar  terminal.   Pernakai    sistern   juga   scharusnya menilai    cara  rfenangkapan      data,   pengolahan    dari   data  tcrsebut   dan distribusi informasinya. 

 

TEKANAN-TEKANAN DESAIN 10

Tekanan-tekanan      desain   idesign forcesj   adalah   tekanan-tekanan       (forces) yang   harus    dipcrtimbangkan       dalam  mendcsain     suatu   sistem   informasi    supaya dapat  mcngena   sasarannya.    Supaya  sukses,  analis  sistem  harus   mempertimbang­ kan   design  forces  yang  ada  dan  bagaimana     tekanan-tekanan       ini  mempengaruhi proyek  sistern  informasi.   Ambillah   contoh   desain  suatu  mobil  sebagai   analoginya. Sernua    mobil   tcrdiri    dari   blok-blok    bangunan    yang   sarna,   yaitu   sebuah    bodi mobil,  interiornya,    instrumen-instrumcnnya,       kendali  kemudi   (kemudi,   pedal  rem,
pedal   gas  dan  lain  sebagainya),    roda-roda,    gandar-gandar     dan  suatu    rncsin   yang terbentuk     dari   suatu  unit  tenaga,   surnber   energi,    transmisi-transmisi       dan   gear­ gear.   Akan  tctapi  karena   adanya  sejumlah   tekanan-tekanan     desain,    bentuk    dan isi dari  blok-blok   bangunan    mobil  ini telah  berubah   dari  waktu  ke waktu.  Scbagai misalnya,   pengendalian    polusi,  kemanan   yang ditingkatkan    dan  pernakaian    bahan bakar  yang  harus  lebih  hem at mcmaksa   mobil  untuk  didcsain   kembali    keseluru­ hannya.    Bebcrapa    industri   mobil  beberapa    tahun  yang  lalu  kurang    memperhati­ kan   pada  pemenuhan    sclera   pasar  dan  banyak  yang  merancang    mobil  yang   tidak dapat    diterima   oleh  konsumen.    Seteiah   pabrik-pabrik    mobil  ini berhenti    mer an­ cang  mobil  ierscbut   dan  mulai  mcrancang    kernbali  dengan   mempcrhatikan     design forces,   mcr eka  mendapatkan     kembali  jalur   pemasarannya.     Kesadaran    akan  desigil [orces   dan  mcngikutinya    dengan   pasti  telah  mcngembalikan     pabrik-pabrik      mubil ini kepada   operasi   yang  menguntungkan.
Perancang     sistem  informasi   juga  harus  memperhatikan      sejumlah    design forces  yang  mempengaruhi     kerjanya,   yaitu:

- intcgrasi   (integrations,
- jalur  pemakai/sistem      (user/system    illie/face),
- tckanan-tckanan      persaingan    (competitive  forces),
- kualitas   dan  kcgunaan   informasi   (il!fol1natioll  quality and usability),
- kcbutuhan-kebutuhan       sistem  (systems  requirements),
- kebutuhan-kcbuiuhan       pengolahan    data  tdata processing requiremcntsi,
- faktor-faktor    organisasi   torganizationut   [actors[,
- kcbutuhan-kcbuiuhan   biaya-cfckuvitas icost-cffecuveness    I"e41111('111('1/(\)
- Iaktor-faktor    manusia   thunian   JULlU}s)   dan
- kcbut uhan- kcbut uhan  kcla yakan  U<'asitntitv   requirements).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar